Pembelajaran Kooperatif Pemecahan Matematika

Pembelajaran Kooperatif Pemecahan Matematika

Pembelajaran Kooperatif Pemecahan Matematika menjadi lebih efektif dan menarik ketika diselenggarakan melalui pendekatan kooperatif pemecahan masalah. Metode ini tidak hanya memperkuat keterampilan matematika siswa, tetapi juga mengembangkan keterampilan kerja sama dan pemecahan masalah. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konsep pembelajaran kooperatif pemecahan masalah dan bagaimana dapat meningkatkan pemahaman pelajaran.

Apa Itu Pembelajaran Kooperatif Pemecahan Masalah?
Pembelajaran kooperatif pemecahan masalah adalah pendekatan di mana siswa bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas atau masalah matematika. Dalam konteks ini, siswa tidak hanya belajar dari guru tetapi juga dari rekan mereka. Metode ini mendorong diskusi aktif, pemecahan masalah bersama, dan pengembangan keterampilan sosial.

Manfaat Pembelajaran Kooperatif Pemecahan Masalah dalam Pemahaman Matematika:

  1. Keterlibatan Siswa: Dalam kelompok, setiap siswa memiliki peran dan tanggung jawabnya sendiri, meningkatkan keterlibatan dan partisipasi aktif.
  2. Pemahaman yang Mendalam: Diskusi kelompok memungkinkan siswa untuk melihat berbagai pendekatan pemecahan masalah, memperkaya pemahaman mereka tentang konsep matematika.
  3. Keterampilan Sosial: Melalui interaksi dalam kelompok, siswa mengembangkan keterampilan komunikasi dan kerja sama yang penting dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Pemecahan Masalah Bersama: Pembelajaran ini mendorong siswa untuk saling membantu dan bekerja sama mencari solusi, mengasah keterampilan pemecahan masalah mereka.

Langkah-langkah Implementasi Pembelajaran Kooperatif Pemecahan Masalah:

  1. Pembentukan Kelompok: Guru dapat membentuk kelompok dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan dan kebutuhan individu setiap siswa.
  2. Definisi Masalah: Pilih masalah matematika yang menantang dan relevan untuk dikerjakan bersama-sama oleh kelompok.
  3. Diskusi dan Pemecahan: Biarkan siswa berdiskusi tentang cara menyelesaikan masalah tersebut, menggalang ide, dan mencari solusi bersama-sama.
  4. Presentasi Hasil: Setiap kelompok dapat menyajikan solusi mereka, memfasilitasi pemahaman kolektif.


Pembelajaran kooperatif pemecahan masalah membuka pintu bagi pemahaman matematika yang lebih dalam dan pengembangan keterampilan sosial yang kuat. Dengan mengadopsi metode ini, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan berfokus pada siswa. Daftarkan diri anda ke Universitas Islam Malang (UNISMA) dan baca artikel klik disini