Ini Dia 5 Peraturan Aneh di Sea Games 2023

Ini Dia 5 Peraturan Aneh di Sea Games 2023. SEA Games 2023, juga dikenal sebagai Pesta Olahraga Asia Tenggara. SEA Games telah menjadi ajang yang sangat dinanti-nantikan oleh atlet dan penggemar olahraga di seluruh kawasan Asia Tenggara. Pesta olahraga SEA Games ke-32 resmi di buka pada tanggal 5 Mei 2023 dengan Kamboja sebagai tuan rumah.

Sebagai tuan rumah yang dipilih, Kamboja telah melakukan persiapan yang mengesankan untuk menyelenggarakan acara yang tak terlupakan ini.

Penyelenggaraan di Kamboja:

Kamboja akan menjadi tuan rumah SEA Games untuk pertama kalinya dalam sejarahnya. Kamboja melihat penyelenggaraan SEA Games sebagai kesempatan untuk mempromosikan pariwisata dan membangun kesadaran akan olahraga di negara tersebut. Pemerintah Kamboja, bersama dengan Komite Olimpiade Nasional dan Federasi Olahraga Kamboja, telah berkomitmen untuk membuat SEA Games 2023 menjadi sukses besar.

Infrastruktur yang Ditingkatkan:

Dalam rangka menyambut SEA Games 2023, Kamboja telah berinvestasi dalam peningkatan infrastruktur. Beberapa fasilitas olahraga utama, seperti stadion, lapangan, dan arena renang, sedang direnovasi atau dibangun kembali. Peningkatan infrastruktur ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang memadai bagi atlet dan penonton serta memenuhi standar internasional.

Persiapan Keamanan:

Kamboja sangat serius dalam menjaga keamanan selama SEA Games 2023. Pemerintah telah bekerja sama dengan kepolisian dan badan keamanan terkait untuk memastikan perlindungan maksimal bagi semua peserta dan penonton. Langkah-langkah keamanan yang ketat akan diambil, termasuk pengawasan ketat di area pertandingan, peningkatan kehadiran petugas keamanan, dan kerja sama dengan negara-negara tetangga dalam mengatasi potensi ancaman keamanan.

Namun, di balik persaingan yang sengit dan kemampuan atlet yang luar biasa, terdapat beberapa peraturan yang cukup aneh yang menjadi bagian dari perhelatan ini. Dalam artikel ini, kami akan mengungkapkan 5 peraturan aneh yang akan berlaku di SEA Games 2023

Ini Dia 5 Peraturan Aneh di Sea Games 2023

Tim Kuat Dilarang Tampil

Pada cabang olahraga Badminton Kamboja sejumlah tim kuat Asia Tenggara untuk ikut serta. Akibatnya negara Indonesia, Singapura, Vietnam, hingga Malaysia dilarang tampil pada nomor ganda campuran. Larangan tim kuat ini juga berlaku dalam Cabang Perahu Tradisional (perahu naga)

Pembatasan Nomor Cabang

Peraturan ini berlaku pada cabang olahraga tenis meja, mereka hanya bisa mengikuti dua nomor dari total 3 nomor. Umumnya petenis dapat mengikuti 3 nomor (tunggal, ganda, dan ganda campuran). Pembatasan nomor ini juga terjadi pada pesenam, mereka hanya bisa mengikuti dua peralatan individu, selain regu dan nomor-nomor individu secara keseluruhan. Akibatnya maksimal hanya dua medali emas yang dapat dibawa oleh pesenam dalam SEA Games ke-32 ini.

Larangan Membawa Power Bank

Peraturan aneh di SEA Games 2023 tidak hanya berlaku pada cabang olahraga. Bagi penonton, mereka dilarang membawa power bank ke dalam stadion. Peraturan ini terjadi di Stadion Olimpiade yang merupakan area bebas power bank. Petugas melakukan pemeriksaan ketat bahkan dengan pemindai untuk mendeteksi adannya power bank, power bank yang ditemukan langsung diamankan di lokasi pemeriksaan

Penggunaan Perahu Khusus

Kamboja dalam cabang olahraga perahu naga/ perahu tradisional tidak menggunakan perahu yang umum dalam perlombaan. Mereka menggunakan perahu khas tradisional Kamboja dan hal ini dibolehkan dalam ajang SEA Games 2023.

Pembatasan Jumlah Atlet

Selain pembatasan nomor cabang, jumlah atlet juga mengalami pembatasan. Menurut The Diplomat, tidah hanya batasan dalam nomor cabang,paniitia pelaksana juga membatasi jumlah atlet dalam beberapa olahraga seperti seni bela diri, perahu naga, dan e-sport.

Larangan Babat Habis Medali

Setiap negara peserta tidak diperkenankan untuk memebangkan lebih dari dua medali dalam 1 cabang olahraga. Hal ini masuk dalam Pasal 37 poin C regulasi South East Asian Games Federation (SEAGF). Hal ini lumayan merugikan dan Indonesia tentu saja terkena aturan tersebut.

Bagaimana? apakah menurutmu aturan ini aneh atau wajar-wajar saja. Jika kamu mencari artikel menarik terkait ayo baca Timnas Sepak Bola Indonesia Raih Medali Emas Pada SEA GAMES 2023

Buat kamu yang mencari Universitas, mari bergabung dengan UNISMA. Unversitas NU Terbesar di Indonesia

Pendaftaran UNISMA